Obyek Biologi

Salah satu kekhasan biologi  sebagai ilmu adalah adanya obyek kajian yang berbeda dengan cabang ilmu pengetahuan alam ( IPA ) lainnya. Obyek kajian biologi meliputi seluruh makhluk hidup yang dibagi menjadi 6 kingdom yaitu :

1.Kingdom Archaeobacteria/ bakteri purba
Merupakan organism yang uniseluler prokariotik, yaitu tidak memiliki membrane inti sel, Memiliki dinding sel, Mempunyai 1 jenis RNA polymerase, Biasanya hidup pada lingkungan ekstrem, seperti daerah dengan kadar garam tinggi, Reproduksi dengan cara pembelahan biner, pembentukan tunas, fragmentasi

2.Kingdom Eubacteria / bakteri sejati
Monera adalah makhluk hidup yang bersel satu (unisel) yang belum terdeferensiasi menjadi jaringan dan tidak mempunyai membran inti (karioteka) sehingga sel bersifat prokariotik. Makhluk hidup yang termasuk Monera adalah Bakteri dan Ganggang Biru (Cyanophyta)
 
3.Kingdom  Protista
Protista adalah makhluk hidup yang bersel satu (unisel) atau bersel banyak (multiseluler) yang belum terdeferensiasi menjadi jaringan dan sudah mempunyai membran sel (karioteka) sehingga sel bersifat eukariotik. Contoh : protozoa dan Ganggang hijau (Chlorophyta)
 

4.Kingdom  Jamur ( Fungi / Mycota )
Jamur adalah makhluk hidup unisel dan multiseluler, tubuhnya tersusun atas benang hifa yang bersifat eukariotik, tidak berkloroplas, berdinding sel dan berkembangbiak dengan spora. Contoh : Jamur merang (Volvariella volvaceae)
   
5. Kingdom Tumbuhan ( Plantae )
Tumbuhan adalah makhluk hidup multiseluler yang bersifat eukariotik, berklorofil, berdinding sel dan sel-sel sudah berdeferensiasi menjadi jaringan dan organ. Makhluk hidup yang termasuk tumbuhan adalah Lumut (Bryophyta), paku-pakuan (Pterydophyta) dan tumbuhan berbunga (Anthopyta/spermatophyta)
   
6.Kingdom Hewan ( Animalia )
Hewan adalah makhluk hidup multiseluler yang bersifat eukariotik, tidak berkloroplas, tidak berdinding sel, dan sel-selnya telah berdeferensiasi membentuk jaringan, organ, dan sistem organ serta umumnya dapat bergerak bebas. Makhluk hidup yang termasuk hewan andalah Porifera, Coelenterata, Vertebrata, dan manusia.
   
Selain keenam kingdom tersebut di atas, biologi juga mengkaji obyek dari kelompok virus yang merupakan organism peralihan antara mahkluk hidup dan mahkluk tak hidup ( benda mati ). Hingga saat ini, virus masih menjadi perdebatan di kalangan biolog. Meskipun demikian obyek yang satu ini justru dikaji secara khusus dalam cabang biologi bernama virology.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak dibaca :