Amal-amal penghapus dosa

Beberapa amal yg secara langsung dapat menghapus dosa

( menurut Imam An Nawawi yg bisa dihapus sebatas dosa-dosa kecil ),antara lain adalah :
1. Taubat dan membaca istighfar. Sesuai firman Alloh : "dan barangsiapa mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Alloh, niscaya ia mendapati Alloh Maha Pengampun lagi Maha Penyayang"-(AL Qur'an surah An Nissa ayat 110)-
2. Mendirikan sholat wajib ( 5 waktu ) dan sholat jum'at
3. Shiyam dan qiyam ramadhan. Atas dasar,
sabda Rasululloh Muhammad SAW : "barangsiapa shaum di bulan Ramadhan dg penuh keimanan dan mengharapkan pahala dari Alloh, akan diampuni dosa-dosanya yg telah lampau"-(HR.MUSLIM )
"barang siapa yg qiyam (sholat malam) di bulan Ramadhan dg penuh iman dan mengharapkan pahala, akan diampuni dosa-dosanya yg telah lampau"-(HR.BUKHARI)
4. Melaksanakan haji dan umroh. Rasululloh SAW bersabda :"Barangsiapa melaksanakan haji karena Alloh dan tidak melakukan rafats ( jima' atau perbuatan keji ) dan kefasikan,maka ia akan kembali seperti saat ia dilahirkan oleh ibunya"- (HR.BUKHARI)
sabda Rasululloh SAW : 'umrah yg satu ke umrah berikutnya akan menjadi tebusan atas dosa antara keduanya. Dan haji yg mabrur tak ada balasan selain jannah'.( HR.MUSLIM)
5. Jihad fi sabilillah, Sesuai dg sabda Rasululloh,:"berperang di jalan Alloh akan menghapus segalanya ( dosa ) kecuali tanggungan hutang".(HR.MUSLIM )
6. Shodaqah, sesuai sabda Rasululloh SAW :" shodaqah akan menghapus dosa seperti air memadamkan api ..".( HR. At Tirmidzi ).
7. Qiyamullail di malam lailatul qadar, Rasululloh bersabda :" Barangsiapa qiyamullail di malam lailatul qadar dg penuh iman dan mengharap ridlo Alloh, akan diampuni dosanya yg telah lampu".( HR.BUKHARI MUSLIM ).
8. Shaum 'Asyura / 10 Muharram dan hari Arafah / 9 Dzulhijjah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Banyak dibaca :